Monday 20 July 2015

MENGGANTI COUNTRY PADA UBNT PADA FIRMWARE TERBARU

Kali ini Saya akan sedikit menambahkan dari artikel sebelumnya Cara Menampilkan compliance test di Ubiquiti , banyak diantara kawan-kawan yang masih bingung saat melakukan CT (Compliance Test) pada firmware terbaru, masalahnya setelah reboot melalui putty dan kemudian diakses lewat browser, kenapa Country tetap tidak bisa di ganti? Saya sendiri melakukan percobaan menggunakan Powerbeam M5-400 dan RocketM5.
oke, saya akan mencoba share tips pengalaman saya berbekal dari javascript nya si ubnt firmware terbaru yang memang men-disable (nonatifkan) changing country, ya mungkin karena beberapa faktor agar tidak melanggar tata tertip yang ada di setiap negara.
Sebenarnya hal ini masih bisa kita akali dengan merubah script tersebut menjadi Enable atau aktif kembali, caranya sangat mudah, ikuti tutorial dibawah ini yang saya sertakan gambarnya:
Login seperti biasa lewat browser, kemudian pilih tab Wireless, lalu klik kanan disamping Pilihan Negaranya Seperti ini :
Inspect Elemen Country UBNT
Inspect Elemen Country UBNT

Kemudian pilih Inspect Element
Selanjutnya akan mucul source code atau kode-kode html/javascript, klik tanda panah samping seperti ini :
Klik td
Kemudian cari scriptsc
double klik tepat pada disabled=”disabled” hapus script tersebut, ingat!! hanya hapusdisabled=”disabled” saja menggunakan keyboard del lalu tekan enter, maka script tersebut akan hilang.
Kemudian anda bisa close inspect element atau juga biarkan saja.
Nah disana Pilihan Country nya sudah enable, anda bisa langsung mengganti Country nya.
Hasil Change Country
Perlu diketahui ini sifatnya tidak permanen lho ya, hanya sekali per reload saja, artinya jika halaman sudah di load lagi, maka script tersebut muncul kembali, inspect element biasanya digunakan hanya untuk mempermudah developoer melihat/melakukan test script saja, jadi setiap setelah reload page, lakukakan langkah dari awal.
Tips ini muncul karena saya melihat dilapangan, banyak kawan-kawan saat pointing pertama / pointing ulang, harus me-reset radio mereka yang akan memakan waktu sangat lama sekali.
Tips ini digunakan untuk firmware terbaru bagi anda yang tidak mau downgrade firmware ke versi lama, sebenarnya pada firmware lama country ini masih enable, hanya saja pada firmware terbaru memang sudah di disable oleh ubnt.

SHARE THIS

Facebook Comment

1 comment: