Monday 20 July 2015

MENGOPTIMALKAN UBIQUITI

pada sharing saya kali ini, saya akan share sedikit tentang bagaimana cara mengoptimalkan ubnt kita khususnya untuk kebutuhan point to point menggunakan Powerbeam M5-400. pada postingan ini, saya tertuju pada Gain dan Output Power ubnt, kenapa?
karenan beberapa hari yang lalu saat melakukan pointing, saya mendapatkan sedikit kekurangan throughtput yang saya dapat kecil, kurang memenuhi syarat.
Singkatnya, ketikan setting pada posisi tab wireless, terdapat SSID, Country, Freq dan lain-lain, disini saya sudah beres untuk memilihnya, hanya saja saya kurang puas untuk hasil yang saya dapat, signal saya mendapat -87, dan yang saya butuhkan adalah minimal -85 untuk jarak sekitar 10km point to point.
Ketika saya coba mengganti Gain Antenna menjadi Feed Only, maka Output power berubah menjadi maksimal, tetapi ketika saya menggati ganti power menjadi 400 – 25dbi, output power maksimal hanya dapat di set menjadi 19dbi(kalau tidak salah). disini saya lupa terbalik atau tidak, mana yang output powernya yang besar yang feed only atau yang 400-25
Permasalahannya adalah yang saya inginkan ketika saya menginginkan Gain antenna yang besar, powernya kalau bisa besar juga,
nah caranya bagaimana?
mudah saja, kita hanya perlu melakukan Uncheck Auto EIRP nya saja,seperti postingan saya sebelumnyaTips Mengganti Country Pada Ubnt Pada Firmware Terbaru , hanya mengandalkan inspect Element, merubah sedikit javascriptnya, karena pada powerbeam,
silahkan cari scriptnya agar checklist nya bisa di uncheck, karenan pada saat itu yang saya ketahui di ubnt saya, Auto EIRP nya disable, tidak bisa di uncheck ataupun di checklist.

SHARE THIS

Facebook Comment

3 comments:

  1. informasi yang bermanfaat sekali, terimakasih gan...
    power supply hp

    ReplyDelete
  2. gan saya mau tanya??saya menggunakan produk ubiquiti dari AP sampai Station nya..namun setelah pergantian AP dari produk lama ke yang baru semua staton jadi terkendala.. sering los konek.

    1. AP lama menggunakan Nanobrige M5 23db saya ganti powerbeam M5 25db
    2. 5 station saya mengunakan Nanostation 2 dan 3 airgrid m5 Hp..

    yang jadi pertanyaan di sini kenapa station saya sering loskonek ke AP
    padahal di AP station masuk tp di station tidak ada koneksi internet..jika di reeboot ap atau station nya koneksi lancar kembali..???

    Mohon Respon nya gan...trimakasih sebesar2 nya.

    ReplyDelete